Clear Desk Cegah Risiko Pencurian Data Di Meja Kerja

12 Mei 2023 oleh Cyber Academy Indonesia
img-blog

Apa itu Clear Desk?

Clear Desk menjadi istilah yang memiliki arti sebagai kebijakan merapikan meja kerja dari barang-barang bersifat informasi pribadi dan sensitif, ketika mereka pergi dari meja kerjanya. Hal ini menjadi kebijakan yang digunakan banyak perusahaan untuk mencegah pencurian data dan kejahatan merugikan lainnya.


Namun, Apa Hubungannya Clear Desk dengan Keamanan Siber?

Tanpa kita sadari, menyimpan hal-hal berkaitan data atau informasi sensitif dapat terjadinya pencurian data pribadi atau data sensitif lainnya. Seperti tinggalkan berkas, petunjuk kata sandi pada Komputer, atau data sensitif lainnya.

 

Bagaimana Mencegahan Pencurian Data Pada Meja Kerja?

  1. Usahakan tidak menuliskan kata sandi komputer pada Sticky note yang menempel disembarang tempat.
  2. Jangan tinggalkan Gadget tanpa terkunci dan pastikan Komputer dalam keadaan terkunci atau mati.
  3. Pastikan Flashdisk tidak disimpan sembarang tempat.
  4. Pastikan dokumen cetak yang sudah tidak digunakan untuk segera dimusnahkan
  5. Pastikan loker berisi berkas penting dan sensitif selalu terkunci ketika ditinggalkan

Solusi Cyber Security apa yang Anda butuhkan ?

Cybersecurity Education Platform :  https://www.cyberacademy.id/  

Bug Bounty Platform and Penetration Testing : https://www.cyberarmy.id/  

Automated Security Testing Platform : https://www.helium.sh/

Bagikan artikel ini

Mulai Membangun Keahlian Cyber Security Kamu Hari ini!