Mengenal Virtual Private Network (VPN)

22 Agustus 2022 oleh Cyber Academy Indonesia
img-blog

Dengan kecanggihan teknologi segala kemudahan dapat ditawarkan melalui perangkat lunak, sehingga kita dapat melakukan berbagai kegiatan baik itu pekerjaan atau pendidikan hanya dengan menggunakan jaringan internet. Maka dengan adanya VPN memudahkan kita dalam mengakses situs pada jaringan internet dengan aman.

Namun, apa yang kamu ketahui tentang VPN pada cyber security analyst?

Kepanjangan dari Virtual Private Network atau dikenal dengan singkatan VPN atau VPN tunnel per-definisi adalah sebuah mekanisme menyambungkan sebuah titik (atau biasa dengan node) pada sebuah jaringan komputer dengan titik yang lain melalui mediasi sebuah jaringan yang lain, dalam hal ini sebuah titik dapat berupa sebuah jaringan komputer lokal (disebut LAN) atau sebuah komputer.

Sedangkan istilah tunnel sendiri (terlepas dari kata VPN) merupakan istilah generik yang mennjelaskan bahwa sebuah hubungan antara titik pada sebuah jaringan komputer dilakukan melalui ‘semacam terowongan’ antara kedua titik. 

Macam tunnel bila dilihat dari Lapisan OSI dapat berupa tunnel layer 2, seperti tunnel PPP, tunnel PPPoE, VLAN, dan sebagainya, tetapi tidak lazim disebut sebagai PPP VPN atau VLAN VPN.

Jadi, apakah kamu tertarik memperdalam tentang VPN ?

Yuk segera daftar di Live Class Cyber Security Analyst Batch 5 ya!

Klik Disini Untuk Daftar Live Class Cyber Security Analyst Batch 5

Solusi Cyber Security apa yang Anda butuhkan ?

Cybersecurity Education Platform : http://www.cyberacademy.id

Bug Bounty Platform and Penetration Testing :http://www.cyberarmy.id

Automated Security Testing Platform :http://www.helium.sh 

Bagikan artikel ini

Mulai Membangun Keahlian Cyber Security Kamu Hari ini!